“PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH SMK MUHAMMADIYAH KOTA TASIKMALAYA” Oleh DIKDASMEN Kota Tasikmalaya

4 Apr, 2024 | Kabar Berita

Proses penilaian kinerja kepala sekolah menjadi salah satu aspek yang penting dalam menjaga mutu dan standar pendidikan di SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya. Pada hari Kamis, 4 April 2024, Bapak H. Encep Maemun, ST., M.Pd. , kepala sekolah SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya, menjalani penilaian kinerja yang dipimpin oleh Pimpinan Dikdasmen (Pendidikan Dasar dan Menengah) Muhammadiyah daerah Kota Tasikmalaya.

Kegiatan penilaian kinerja ini merupakan bagian dari evaluasi berkala tahunan yang dilakukan oleh pihak berwenang untuk memastikan bahwa kepala sekolah dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Bapak Drs. Jenal Al Furqon, M.Pd. selaku Ketua Dikdasmen Kota Tasikmalaya mengatakan seharusnya penilaian ini dilakukan langsung oleh Dikdasmen Wilayah, namun dikarenakan masih banyaknya rangkaian agenda di wilayah yang harus diselesaikan, maka dari itu Pimpinan Wilayah menginstruksikan kepada Dikdasmen Kota agar penilaian kinerja kepala sekolah tersebut dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah di agendakan.

Proses penilaian kinerja ini mencakup berbagai aspek, mulai dari manajemen sekolah, pengelolaan sumber daya manusia, hingga pencapaian prestasi sekolah. Namun, ada beberapa poin penilaian telah dilakukan pemeriksaan oleh Kantor Cabang Dinas Pendidikan (KCD) pada Bulan Januari 2024 lalu, sehingga penilaian kinerja kali ini dapat di compare dengan membandingkan hasil-hasil sebelumnya dan mengkonfirmasi kesesuaian sesuai bukti yang ada (By.Data).

Bapak H. Encep Maemun, S.T., M.Pd., menyambut proses penilaian ini dengan penuh antusiasme, menegaskan komitmen SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan. “Kami senantiasa siap menjalani evaluasi demi peningkatan mutu layanan pendidikan bagi para siswa. Penilaian kinerja ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk memberikan yang terbaik bagi masa depan generasi penerus bangsa,” ujarnya mengingat pendidikan SMK saat ini sedang berada di puncak, maka tak heran jika SMK menjadi icon di mata dinas maupun dikdasmen.

Seluruh rangkaian penilaian kinerja ini dilaksanakan dengan melibatkan seluruh stakeholder terkait, terutama para Wakasek dan Kaprodi yang menjadi pembantu kepala sekolah. Hal ini dilakukan guna memastikan objektivitas dan transparansi dalam proses evaluasi. Penilaian dilakukan mulai dari pemaparan presentasi dari kepala sekolah kemudian dilanjut wawancara yang di bagi menjadi tiga kelompok materi dan masing-masing dipimpin oleh ;

  • Bapak Drs. Jenal Al Furqon, M.Pd. (Ketua Dikdasmen)

Melakukan pemeriksaan sekaitan dengan Al Islam dan Kemuhammadiyahan di SMK Muhammadiyah yang meliputi :

1. Pengembangan Diri dan Loyalitas ke Persyarikatan

2. Kepemimpinan Pengembangan dan Implementasi ISMUBA

3. Kepemimpinan Manajemen Pengembangan TS, IPM & HW

  • Bapak Drs. Aam Abdullah M, S.Pd., MM., (Sekretaris Dikdasmen)

Melakukan pemeriksaan sekaitan dengan PPDB dan Kepegawaian.

  • Bapak Didin Solehudin, M.Pd.

Melakukan pemeriksaan sekaitan dengan sarana dan keuangan.

Hasil dari penilaian kinerja ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berharga bagi kepala sekolah dan seluruh komponen sekolah untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas layanan pendidikan di SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya. Dengan adanya pembandingan terhadap hasil pemeriksaan sebelumnya, diharapkan juga dapat terlihat progres dan perbaikan yang telah dicapai selama periode tertentu.

SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya berkomitmen untuk terus menjaga standar pendidikan yang tinggi, serta menghasilkan generasi yang siap bersaing di era global. Penilaian kinerja kepala sekolah merupakan salah satu upaya konkret dalam mencapai tujuan tersebut sehingga dapat terlaksana semua program-program yang sudah di canangkan dalam RoadMap sampai tahun 2025.