SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya merupakan hasil alih fungsi dari SPG Muhammadiyah Tasikmalaya. Pada tahun 1989/1990, seiring dengan ditutupnya program pendidikan SPG oleh pemerintah, SPG Muhammadiyah Tasikmalaya mengalihkan fungsi menjadi STM Muhammadiyah dengan rumpun keahlian Mesin Tenaga dan memiliki status akreditasi “Terdaftar.”
Sebagai langkah awal, Bapak Drs. H. Uun HS merekrut guru-guru produktif dari STM Negeri Tasikmalaya untuk membina STM Muhammadiyah yang baru terbentuk. Guru-guru produktif tersebut, antara lain, Bapak Drs. Khaerulkin, Dedi Kardiama, S.Pd., Drs. Endang Kusyana, Hasanudin, S.Pd., E. Koswara, Dani Wardana, dan Adang Abdullah, B.Sc. Selain dari STM Negeri Tasikmalaya, juga direkrut guru dari STM Negeri Ciamis, yaitu Bapak Suhendar. Sedangkan guru untuk bidang normatif dan adaptif tetap berasal dari tenaga pengajar SPG Muhammadiyah sehingga mampu berkembang seperti saat ini. Pada awal berdirinya, STM Muhammadiyah memiliki satu rombongan belajar dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Wali kelas pertama adalah Bapak Suhendar, sedangkan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum adalah Drs. H. Khaerulkin. Sehubungan dengan status akreditasi pada saat itu, pada tahun pelajaran 1991/1992, STM Muhammadiyah belum dapat menyelenggarakan EBTA/EBTANAS secara mandiri dan masih harus bergabung dengan STM Negeri Ciamis yang juga memiliki rumpun keahlian Mesin Tenaga.
Seiring perkembangan, pada tahun 1995, STM Muhammadiyah berubah nama menjadi SMK Muhammadiyah, sesuai dengan reposisi yang dilakukan oleh Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Hingga kini, SMK Muhammadiyah memiliki bidang keahlian Teknik Mesin dengan Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif. Berkat kerja sama yang sinergis dari seluruh civitas akademika, SMK Muhammadiyah akhirnya berhasil meningkatkan status akreditasi menjadi “Diakui” dan, sebagai konsekuensinya, mampu menyelenggarakan Ujian Akhir secara mandiri.
Pada tahun 2003, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Barat, Nomor 014/BAS/JB/PK/2003 tertanggal 11 November 2003, yang ditandatangani oleh Dr. H. Ilm Wasliman, M.Pd., M.Si., SMK Muhammadiyah Tasikmalaya statusnya meningkat menjadi terakreditasi “Baik.” SMK Muhammadiyah Tasikmalaya melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) pada pagi hari, dengan status bangunan dan tanah yang ditempati sebagai milik sendiri.
Adapun Kepala Sekolah yang pernah menjabat adalah:
1. Drs. H. Uun HS yang menjabat pada tahun 1989-1994.
2. Drs. Rd. Rosaid yang menjabat pada tahun 1994-1995.
3. Drs. H. Khaerulkin yang menjabat pada tahun 1995–2016 (sebagai Kepala Sekolah Yayasan dan merangkap Wakil Kepala Sekolah di SMKN 2 Tasikmalaya).
4. H Encep Maemun yang menjabat pada tahun 2016-2024.
5, Wawan Kurniawan yang menjabat pada tahun 2024-sampai sekarang
Pada masa kepemimpinan Bapak Drs. H. Khaerulkin, banyak prestasi, baik di bidang akademik maupun non-akademik, yang berhasil diraih. Selain itu, berbagai bantuan atau hibah dari pemerintah juga berhasil diperoleh, yang digunakan untuk penambahan fasilitas. Penambahan tersebut meliputi tiga ruang kelas baru, laboratorium komputer yang dilengkapi dengan 38 unit komputer, dua laptop, satu unit LCD Infocus, serta berbagai fasilitas penunjang lainnya.
Pada masa kepemimpinan Bapak Encep Maemun juga terus mengalami
Lab Pusat Keunggulan RPL SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya adalah sebuah laboratorium yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran dan pengembangan kompetensi siswa-siswi jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya. Lab Pusat Keunggulan RPL dilengkapi dengan fasilitas komputer, jaringan, dan perangkat lunak yang mendukung proses rekayasa perangkat lunak, seperti sistem operasi, bahasa pemrograman, database, IDE, dan tools lainnya.
Lab Pusat Keunggulan RPL juga menjadi tempat praktek lapangan bagi siswa-siswi jurusan RPL yang ingin mengembangkan kemampuan dan kreativitas mereka dalam membuat perangkat lunak dan aplikasi. Di lab PK RPL, siswa-siswi dapat belajar dan berlatih mengenai berbagai aspek dalam rekayasa perangkat lunak, seperti analisis kebutuhan, desain sistem, pemrograman, pengujian, dan dokumentasi. Siswa-siswi juga dapat membuat proyek-proyek perangkat lunak dan aplikasi yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, serta mengikuti berbagai lomba dan kompetisi di bidang rekayasa perangkat lunak.
Lab Pusat Keunggulan RPL dikelola oleh tim pengajar dan staff yang profesional dan berpengalaman di bidang rekayasa perangkat lunak. Tim pengajar dan staff memberikan bimbingan, arahan, dan motivasi kepada siswa-siswi yang melakukan praktek lapangan di lab Pusat Keunggulan RPL. Tim pengajar dan staff juga berkolaborasi dengan pihak-pihak lain, seperti perusahaan, instansi, komunitas, dan alumni, untuk memberikan dukungan dan peluang kepada siswa-siswi jurusan RPL.
Lab Pusat Keunggulan RPL SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya merupakan salah satu laboratorium yang berprestasi dan berkualitas di bidang rekayasa perangkat lunak. Lab Pusat Keunggulan RPL telah menghasilkan banyak lulusan yang profesional dan berwawasan entrepreneurship di bidang rekayasa perangkat lunak. Lab Pusat Keunggulan RPL juga telah meraih banyak penghargaan dan juara dalam berbagai lomba dan kompetisi di bidang rekayasa perangkat lunak, baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

