SMKs Muhammadiyah Kota Tasikmalaya Telah Melaksanakan kegiatan Rapat Workshop Penguatan Budaya Kerja pada hari Senin, 18 Oktober 2021.
- Penguatan Karakter dan Budaya Kerja sesuai dengan Pembelajaran Paradigma baru
- Berkaitan dengan P5BK
- Nilai karakter di sekolah, sebelumnya memang sudah ada, Adanya program penguatan Karakter dan budaya kerja adalah untuk memunculkan lebih dari seterusnya
- Perencanaan, Pelaksanaan, Pelaporan
1. Pendidikan
- Guru Sebagai pembimbing, Fasilitator
- Siswa Memiliki Kodratnya masing masing
2. Filosofi Pendidikan
- Cita – cita Luhur para pendirinya
3. Isi
- Mewujudkan Indonesia maju yang Berdaulat, Mandiri dan Bekepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila
4. Karakter Guru Pancasila (Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara)
a. Guru Harus Menjadi Mitra dengan siswa
b. Ing Ngarso Sung Tuladha (Guru Sebagai Teladan)
c. Ing Madya Mangun Karsa (Guru Berada di tengah)
– Menerapkan Pembelajaran Yang inovatif agar siswa bisa mengeksplor
– Menerapkan Pembelajaran Kolaborasi
d. Tut Wuri Handayani (Guru Sebagai Pengarah dan Pendorong)
5. Profil Pelajar Pancasila
- Menjawab Pertanyaan “seperti apa yang sesuai dengan untuk guru dan siswa”
- Pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai pancasila
- Berkaitan dengan 2 hal (kompetensi untuk menjadi warga negara indonesia yang demokratis dan untuk menjadi unggul dan produktif di abad 21)
- Peserta didik diharapkan berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkelanjutan serta tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan
6. Karakter Profil Pancasila
- Beriman, bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, dan berahlak mulia
- Berkebhinekaan global (Mengenal, menghargai budaya)
- Bergotong royong (Kolaborasi, Kepedulian, dan berbagi)
- Mandiri (Regulasi diri, kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi)
- Bernalar kritis (mengambil keputusan, Imprefleksi pemikiran, dan proses berfikir
- Kreatif (Menghasilkan gagasan yg orisinil, Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil)
7. Gambaran Penerapan Profil Pelajar Pancasila di SMK
Karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dikehidupan dalam diri setiap Individu pelajar melalui bedaya sekolah, pembelajaran Pembelajaran Infrakurikuler (Muatan pelajar, kegiatan pengalaman kerja), Projek penguatan profil pelajar pancasila dan budaya kerja, sekolahh berbudaya kerja (iklim sekolah, kebijakan, pola interasi, dan norma harus berstandar industri, ektrakurikuler (Pengembangan minat dan bakat)
8. Tujuan
Menanamkan Nilai nilai yang tertuang dalam dimensi profil pelajar pancasila melalui kegiatan projek.